Home » , , , » PERBANDINGAN HONDA PCX 150 DAN YAMAHA NMAX 155

PERBANDINGAN HONDA PCX 150 DAN YAMAHA NMAX 155


AUTOKLIK.NET – Munculnya Honda PCX 150 cc setelah kehadiran Yamaha NMAX 155 cc menjadikan persaingan sengit antara produsen sepeda motor di tanah air.  

Yamaha sejak awal memproduksi NMAX yang merupakan keluarga motor maksi di Indonesia. Berbeda dengan Honda yang memilih mendatangkan PCX di awal kehadirannya di Indonesia, dari Thailand. Dengan demikian harga keduanya cukup jomplang. Yamaha NMAX di awal peluncurkan hanya kisaran Rp23-27 jutaab, sedangkan PCX yang impor dari Thailand mencapai angka Rp42 jutaan.

Praktis, untuk persaingan kelas 150 cc dengan tipe yang nyaris sama, penjualan Honda PCX kurang membanggakan. Meskipun untuk Vario 150 cc yang merupakan kelas yang sama, masih tetep tinggi. Sementara penjualan Yamaha NMAX sejak awal kehadirannya cukup memuaskan.


TAMPILAN HONDA PCX 155 CC


Awal tahun 2018 merupakan babak baru. Ibarat pertarungan, lawannya seimbang. Honda dengan matang memproduksi PCX 150 di Indonesia. Oleh karenanya, dari sisi harga dapat ditekan dan nyaris sama dengan harga Yamaha NMAX 150.  Hondapun sesumbar, PCX akan menghasilkan penjualan gemilang di tahun 2018 dengan kehadiran Honda PCX yang diproduksi di Indonesia itu.

Sementara, Yamaha NMAX nampaknya masih belum mengeluarkan jurus barunya. Akhir tahun 2017 hanya melakukan sedikit pembaruan warna NMAX, yakni penambahan sub tank dan veleg keemasan sama dengan warna emblem NMAX.


YAMAHA NMAX 155 CC

Yamaha juga di awal tahun 2018 meluncurkan skutik baru keluarga MAXI yakni Yamaha Lexi dengan kubikasi 125 cc. Diduga, Yamaha Lexi ini untuk bertarung di pasar motor kecil yang selama ini didominasi produk Honda Honda Vario 125cc.  Kelebihan dari Lexi ini, body bongsor di bawah NMAX sementara harga lebih muah dari NMAX.  Yamaha juga masih punya motor  baru, yakni Yamaha Aerox 155. Rasanya Aerox masih akan bertahan pada posisinya, pada segmen motor sport scutik gembot idola kaula muda.

Berikut ini, perbandungan antara Honda PCX 150 cc dan Yamaha NMAX 155 cc.

SPESIFIKASI HONDA PCX DAN YAMAHA NMAX  

KETERANGAN
HONDA PCX
YAMAHA NMAX
Tipe Mesin
4 Langkah, SOHC, PGM-FI, berpendingin cairan, eSP
Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Kapasitas Mesin
150 cc
155 cc
Sistem Suplai Bahan Bakar
PGM-FI
FI (Fuel Injection)
Diameter X Langkah
57,3 x 57,9 mm
58,0 mm x 58.7 mm
Tipe Tranmisi
Otomatis, V-Matic
V-belt Automatic
Rasio Kompresi
10,6:1
10,5 : 1
Daya Maksimum
10,8 kW ( / 8.500 rpm
11.1 kW/8000 rpm
Torsi Maksimum
13,2 N.m  / 6.500 rpm
14.4 Nm/6000 rpm
Tipe Kopling
Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kering, Centrifugal Automatic
Sistem Pendingin Mesin
Berpendingin Cairan
Berpendingin Cairan


    RANGKA
Tipe Rangka
Double Cradle
Underbone
Tipe Suspensi Depan
Teleskopik
Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang
Twin
Unit Swing
Ukuran Ban Depan
100/80 - 14 M/C (Tanpa ban dalam)
110/70 - 13 M/C 48P
Ukuran Ban Belakang
120/70 - 14 M/C (tanpa ban dalam)
130/70 - 13 M/C 63P
Rem Depan
Cakram
Cakram
Rem Belakang
Cakram
Cakram
Sistem Pengereman
Combined Brake System Hidrolis dengan 3 piston caliper (untuk tipe CBS), Anti-Lock Braking System (untuk tipe ABS)
ABS dan Non ABS

    DIMENSI
Panjang X Lebar X Tinggi
1.923 x 745 x 1.107 mm
1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm
Tinggi Tempat Duduk
764 mm
765 mm
Jarak Sumbu Roda
1,313 mm
1.350 mm
Jarak Terendah Ke Tanah
137 mm
135 mm
Curb Weight
131 Kg (CBS); 132 kg (ABS)
127 kg

    KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bahan Bakar
8 L
6,6 L
Kapasitas Minyak Pelumas
0,8 L (penggantian periodik)
0,9 L (penggantian periodik)

    KELISTRIKAN
Tipe Baterai Atau Aki
12 V - 5 Ah, tipe MF
YTZ7V
Sistem Pengapian
Full Transisterized, baterai
TCI
Tipe Busi
NGK MR8K-9
NGK / CPR8EA - 9

   HARGA
TIPE
HARGA IDR OTR JAKARTA
IDR
CBS
Rp27,7 Juta
RP26.500.000 (Non ABS)
ABS
Rp30,7 Juta
RP30.400.000

Itu tadi, tulisan tentang perbandingan antara Honda PCX 150 dengan Yamaha NMAX 155 terbaru tahun 2018. Jika merasakan manfaat, silahkan komen dan sharing artikel ini.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

0 komentar:

Posting Komentar

Populer