Home » , » Perbedaan X-Ride 125 cc dengan X-Ride 113 cc Juni 2017

Perbedaan X-Ride 125 cc dengan X-Ride 113 cc Juni 2017

Yamaha Motor Indonesia resmi merilis varian motor baru jenis naked scutik yakni Yamaha X-Ride 125 cc. Pembaruan ini merupakan pertama kali sejak X-Ride diluncurkan tahun 2012 lalu.

Terdapat berbagai pembaharuan dari X-Ride sebelumnya, sehingga X-Ride 125 cc tahun 2017 diharapkan meyakinkan pecinta motor scutic adventur  ini performanya lebih bagus.

Pembaharuan yang paling mencolok pada  mesin. Yakni X-Ride 125 lebih besar bermesin 120 cc dengan daya maksimum 7,0 KW dan torsi maksimum 9,6 NM. X-Ride kakanya hanya bermesin 113,7 cc.
YAMAHA X-RIDE 125 CC TOUGH BLACK

YAMAHA X-RIDE 125 CC EXSPLORER GREEN

YAMAHA X-RIDE 125 CC PASSION RED (sumber foto: yamaha-motor.co.id)

Namun demikian secara umum body X-Ride 125 masih mempertahankan gaya adventure mulai depan hingga stang yang naked (telanjang) juga spidometer yang sporty.

Hanya saja pada spidometer sudah dipasang eco indikator karena mesin X-Ride 125 cc sudah mengaplikasi mesin blue core sementara X-Ride 125 cc masih injektor.  Blue core ini merupakan mesin andalam Yamaha untuk motor terbarunya, dengan klaim hemat bahan bakar 30 persen ketimbang mesin injektor.

Rumah lampu  utama depan dari X-Ride 125 terpisah dengan lampu jauh serta penerangan dengan lampu LED. Di samping itu, terdapat lampu DLR yang memberi kesan berkelas, ketika kunci kontak dihidupkan, DRL akan berkedip. Terdapat juga lampu hazzart untuk memberi tahu pengendara lain bila terjadi kondisi darurat bagi pengendara X-Ride 125.  Fitur-fitur pada lampu tersebut, pada X-Ride 113 belum tersedia.

VIDEO YAMAHA X-RIDE 125 



Desain berubah juga pada X-Ride 120, pada spakbor depan sedikit melekuk ke dalam, sementara K-Ride 113 melengku ke luar dan tampak lebih cembung. Hal yang sama sangat mencolok pada desain buritan, di mana lampu belakang berdesain lebih sporty, lebih runcing dan tidak sektreem X-Ride 113. Pada X-Ride baru 125 juga pada suspensi belakang terpasang suspensi sub tank. 

Selain nampak keren juga fungsinya lebih baik pada saat mengaspal, begitu pula ketika mendapat kejutan di medan berlubang. Sementara X-Ride lama, masih menggunakan suspensi biasa.

Dari ketinggian juga, X-Ride 125 lebih pendek ketimbang kakanya. Lebih pendek sekitar 4-5 CM. Walupun dari penggunaan ban X-Ride nyaris sama yakni ban depan 80/80-14 CM/c 43 dengan ban tubles dan ban belakang 100/70-14M/C 51P Tubeless. Sedangkan depan dengan rem cakram dan ban belakang dengan rem tabung atau tromol.  Untuk ban untuk X-Ride  113 cc lebih besar yakni depan 70/90-14M/ dan belakang : 100/70-14M/C 51P belum tubless.

Kesan pertama, secara umum untuk X-Ride 125 nampak lebih anggun ketimbang X-Ride 113. Hal ini menurut beberapa keterangan X-Ride 125 cc diciptakan tidak hanya diperuntukan bagi adventurer melainkan bisa nyaman saat digunakan di medan ekstreem maupun di perkotaan.




 SPESIFIKASI YAMAHA X-RIDE 125 CC, 2017

  MESIN YAMAHA X-RIDE 125 CC, 2017
Tipe Mesin
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin, Bluecore
Susunan Silinder
Cylinder Tunggal
Diameter X Langkah
52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi
9,5 : 1
Volume Silinder
125 cc
Daya Maksimum
7,0 Kw / 8000 rpm
Torsi Maksimum
9,6 N.m / 5500 rpm
Sistem Starter
Electric Starter & kick starter
Sistem Pelumasan
Wet sump
Kapasitas Oli Mesin
Total : 0,84 L ; Berkala : 0,80 L ; Ganti Filter Oli : 0,80 L
Sistem Bahan Bakar
Fuel Injection
Tipe Kopling
Dry Centrifugal Clucth
Tipe Transmisi
Full Automatic
Tipe Mesin
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin, Bluecore
Susunan Silinder
Cylinder Tunggal
Diameter X Langkah
52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi
9,5 : 1


  DIMENSI YAMAHA X-RIDE 125 CC
 X L X T (Length x Width x Height)
1860 x 740 x 1070 mm
JARAK SUMBU RODA
1260 mm
JARAK TERENDAH KE TANAH
135 mm
TINGGI TEMPAT DUDUK
760 mm
BERAT ISI
98 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN
4.2 L

 RANGKA YAMAHA X-RIDE 125 CC
TIPE RANGKA
Underbone
SUSPENSI DEPAN
Teleskopik
BAN DEPAN
80/80-14M/C 43P Tubeless
BAN BELAKANG
100/70-14M/C 51P Tubeless
REM DEPAN
Disc
REM BELAKANG
Drum
SUSPENSI BELAKANG
Unit Swing


  SISTEM KELISTRIKAN YAMAHA X-RIDE 125 cc
SISTEM PENGAPIAN
TCI
TIPE BATTERY
YTZ4V / GTZ4V
TIPE BUSI
NGK / CRGHSA


  HARGA YAMAHA X-RIDE
YAMAHA X-RIDE 125 CC
Rp17.250.000,-
YAMAHA X-RIDE 113,7 CC
Rp16.600.000,-


Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :

Populer