Yamaha Motor Indonesia resmi
merilis varian motor baru jenis naked scutik yakni Yamaha X-Ride 125 cc. Pembaruan
ini merupakan pertama kali sejak X-Ride diluncurkan tahun 2012 lalu.
Terdapat berbagai pembaharuan
dari X-Ride sebelumnya, sehingga X-Ride 125 cc tahun 2017 diharapkan meyakinkan
pecinta motor scutic adventur ini
performanya lebih bagus.
Pembaharuan yang paling mencolok pada
mesin. Yakni X-Ride 125 lebih besar
bermesin 120 cc dengan daya maksimum 7,0 KW dan torsi maksimum 9,6 NM. X-Ride
kakanya hanya bermesin 113,7 cc.
YAMAHA X-RIDE 125 CC TOUGH BLACK |
YAMAHA X-RIDE 125 CC EXSPLORER GREEN |
YAMAHA X-RIDE 125 CC PASSION RED (sumber foto: yamaha-motor.co.id) |
Namun demikian secara umum body
X-Ride 125 masih mempertahankan gaya adventure mulai depan hingga stang yang naked
(telanjang) juga spidometer yang sporty.
Hanya saja pada spidometer sudah
dipasang eco indikator karena mesin X-Ride 125 cc sudah mengaplikasi mesin blue
core sementara X-Ride 125 cc masih injektor. Blue core ini merupakan mesin andalam Yamaha
untuk motor terbarunya, dengan klaim hemat bahan bakar 30 persen ketimbang
mesin injektor.
Rumah lampu utama depan dari X-Ride 125 terpisah dengan lampu
jauh serta penerangan dengan lampu LED. Di samping itu, terdapat lampu DLR yang
memberi kesan berkelas, ketika kunci kontak dihidupkan, DRL akan berkedip. Terdapat
juga lampu hazzart untuk memberi tahu pengendara lain bila terjadi kondisi
darurat bagi pengendara X-Ride 125. Fitur-fitur
pada lampu tersebut, pada X-Ride 113 belum tersedia.
VIDEO YAMAHA X-RIDE 125
Desain berubah juga pada X-Ride 120,
pada spakbor depan sedikit melekuk ke dalam, sementara K-Ride 113 melengku ke luar
dan tampak lebih cembung. Hal yang sama sangat mencolok pada desain buritan, di
mana lampu belakang berdesain lebih sporty, lebih runcing dan tidak sektreem
X-Ride 113. Pada X-Ride baru 125 juga pada suspensi belakang terpasang suspensi
sub tank.
Selain nampak keren juga fungsinya lebih baik pada saat mengaspal,
begitu pula ketika mendapat kejutan di medan berlubang. Sementara X-Ride lama,
masih menggunakan suspensi biasa.
Dari ketinggian juga, X-Ride 125 lebih
pendek ketimbang kakanya. Lebih pendek sekitar 4-5 CM. Walupun dari penggunaan
ban X-Ride nyaris sama yakni ban depan 80/80-14 CM/c 43 dengan ban tubles dan
ban belakang 100/70-14M/C 51P Tubeless.
Sedangkan depan dengan rem cakram dan ban belakang dengan rem tabung atau tromol.
Untuk ban untuk X-Ride 113 cc lebih besar yakni depan 70/90-14M/ dan
belakang : 100/70-14M/C 51P belum tubless.
Kesan pertama, secara umum untuk
X-Ride 125 nampak lebih anggun ketimbang X-Ride 113. Hal ini menurut beberapa keterangan
X-Ride 125 cc diciptakan tidak hanya diperuntukan bagi adventurer melainkan bisa
nyaman saat digunakan di medan ekstreem maupun di perkotaan.
SPESIFIKASI YAMAHA X-RIDE 125 CC, 2017
MESIN YAMAHA X-RIDE 125 CC, 2017
Tipe Mesin
|
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin,
Bluecore
|
Susunan
Silinder
|
Cylinder Tunggal
|
Diameter X
Langkah
|
52,4 x 57,9 mm
|
Perbandingan
Kompresi
|
9,5 : 1
|
Volume
Silinder
|
125 cc
|
Daya
Maksimum
|
7,0 Kw / 8000 rpm
|
Torsi
Maksimum
|
9,6 N.m / 5500 rpm
|
Sistem
Starter
|
Electric Starter & kick starter
|
Sistem
Pelumasan
|
Wet sump
|
Kapasitas
Oli Mesin
|
Total : 0,84 L ; Berkala : 0,80 L ; Ganti
Filter Oli : 0,80 L
|
Sistem
Bahan Bakar
|
Fuel Injection
|
Tipe
Kopling
|
Dry Centrifugal Clucth
|
Tipe
Transmisi
|
Full Automatic
|
Tipe Mesin
|
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin,
Bluecore
|
Susunan
Silinder
|
Cylinder Tunggal
|
Diameter X
Langkah
|
52,4 x 57,9 mm
|
Perbandingan
Kompresi
|
9,5 : 1
|
DIMENSI YAMAHA X-RIDE 125 CC
X L X T (Length x Width x Height)
|
1860 x 740 x 1070 mm
|
JARAK SUMBU RODA
|
1260 mm
|
JARAK TERENDAH KE TANAH
|
135 mm
|
TINGGI TEMPAT DUDUK
|
760 mm
|
BERAT ISI
|
98 kg
|
KAPASITAS TANGKI BENSIN
|
4.2 L
|
RANGKA YAMAHA X-RIDE 125 CC
TIPE RANGKA
|
Underbone
|
SUSPENSI DEPAN
|
Teleskopik
|
BAN DEPAN
|
80/80-14M/C 43P Tubeless
|
BAN BELAKANG
|
100/70-14M/C 51P Tubeless
|
REM DEPAN
|
Disc
|
REM BELAKANG
|
Drum
|
SUSPENSI BELAKANG
|
Unit Swing
|
SISTEM KELISTRIKAN YAMAHA X-RIDE
125 cc
SISTEM PENGAPIAN
|
TCI
|
TIPE BATTERY
|
YTZ4V / GTZ4V
|
TIPE BUSI
|
NGK / CRGHSA
|
HARGA YAMAHA X-RIDE
YAMAHA X-RIDE
125 CC
|
Rp17.250.000,-
|
YAMAHA X-RIDE
113,7 CC
|
Rp16.600.000,-
|